Ini kataku.. kataKrisna.. semoga bisa berbagi info, ilmu, pengetahuan, dan pengalaman

Sabtu, 06 Mei 2017

Jeniper dan Kecap

Cuaca yang tidak menentu, kadang panas terik lalu mendadak hujan, membuat kondisi tubuh mudah lemah dan terserang penyakit. Si karib batuk dan pilek yang biasanya hinggap. Kalau sudah begini, akan sangat terganggu dalam beraktivitas.
Mungkin beberapa orang dari kita akan segera minum obat ketika badan mulai pegal dan linu, bersin-bersin mulai muncul, dan tenggorokan terasa berat. Tapi, buat saya, jeniper dan kecap penyelamatnya. Siapa sih jeniper? Dokter pribadi? Atau obat paling mujarab?
Jeniper itu jeruk nipis peras... Memang bukan penemuan terbaru bahkan ini sudah menjadi resep turun temurun. Banyak dari kita juga sudah paham khasiatnya. Tapi mungkin, ada yang sudah tahu tapi tidak percaya khasiatnya, dan tetap minum obat. Ya, dulu saya salah satunya.
Saya memang sudah tahu bahwa jeniper ditambah kecap adalah obat batuk pilek, tapi entah kenapa saya pesimis karena pernah mencobanya tapi tidak sembuh juga. Pada akhirnya, ketika saya hamil dan mengalami flu yang sangat berat, kepala pun sangat pusing, badan rasanya tak karuan, bersin tak henti-henti, dan saya putuskan untuk meminum jeniper dan kecap. Kenapa? Karena saya anti minum obat ketika sedang hamil. Saya rutin minum campuran jeniper 1 buah dengan 1 sendok kecap yang diaduk rata, saya selalu minum seusai makan, karena kalau tidak, pasti lambung malah jadi korban. Jadi, begitu selesai piring nasi saya taruh di dapur, saya langsung peras si jeruk nipis dan campur kecap manis, lalu glek... rasanya enak kalau menurut saya. Tidak terlalu asam karena si kecap manisnya.
Lalu, apa hasilnya??? Saya benar-benar sembuh dalam waktu 4 hari. Akhirnya saya selalu gunakan ramuan ini saat badan mulai memberi sinyal akan sakit. Anak dan suami saya juga saya kasih ramuan ini. Tapi, untuk anak saya yang masih 4 tahun, tentu jeruknya hanya 1 iris saja.
Jeruk nipis dengan kandungan vitamin c alaminya membantu imun tubuh kita lebih kuat, sehingga tubuh kita bisa melawan virus. Kalau kecap, yang pasti untuk membuat rasa jeniper tidak terlalu asam.
Jadi, apa mau coba jeniper dan kecap? Atau tetap mengonsumsi obat? Ini pilihan ya, tapi buat saya, kalau bisa dengan bahan alami kenapa harus bahan kimia :)
Resepnya:
1 buah jeruk nipis, diperas di wadah (bisa cangkir) lalu campur 1 sendok makan kecap manis, aduk rata, lalu minum. Diminum benar-benar setelah makan berat ya, karena kalau tidak, takut lambungnya teriritasi sama asamnya jeniper. Jadi, kalau sehari kita makan berat 3x, begitu pula minum ramuan jenipernya, 3x sehari.
Kalau untuk anak-anak, cukup 1 iris jeruk nipis dan tambah kecap.
Yuk, coba yang alami. Semoga lekas sembuh. (MK)

Sumber foto: http://manfaatnyasehat.com/manfaat-dan-khasiat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar